Skip to main content

Viral Satu-satunya Rumah Selamat dari Erupsi Gunung Semeru, Tetap Berdiri Kokoh


Musibah bencana alam kini tengah dirasakan masyarakat Lumajang, Jawa Timur dan sekitarnya. Gunung Semeru menghembuskan awan panas dan hujan abu vulkanik tebal, pada Sabtu (4/12/2021). Kejadian ini membuat beberapa desa di Lumajang mengalami kerusakan parah bahkan tertimbun oleh tebalnya abu vulkanik. 

Bahkan banyak rumah dan bangunan luluh lantak diterjang lahar letusan Gunung Semeru. Salah satunya kawasan yang terdampak sangat parah, yakni di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Terhitung kondisi puluhan pemukiman di kawasan tersebut terdampak sangat parah hingga tak bisa ditinggali.

Namun di balik bencana tersebut, ada sebuah keajaiban yang tak terduga. Di antara rumah yang hancur terendam lahar dan tertimbun material dari Gunung Semeru, salah satu rumah tetap berdiri kokoh. Pada video yang diunggah akun TikTok @rendra_tegar, Selasa (7/12/2021) tampak sebuah rumah yang tidak tersapu lahar Gunung Semeru.

Padahal, rumah di sekitarnya sudah hancur tenggelam tertimbun pasir. Meski terlihat penuh debu dan kotor, rumah yang diketahui milik Pak Roh ini tetap kokoh dibanding rumah yang lainnya. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (9/12/2021).

Sebuah Keajaiban

Dalam video tersebut, ia menunujukkan bagaimana kondisi di sekitar rumah Pak Roh yang habis tersapu lahar. Kebanyakan rumah hanya terlihat bagian atapnya saja. Meski lahar tampak memenuhi halaman rumah, namun kediaman Pak Roh tidak terdampak sama sekali.

"satu2nya rumah yg selamat dikampung renteng. rumah pak roh," tulis dalam keterangan video yang diunggah TikTok @rendra_tegar.

Di sekitar rumah kondisi terlihat mencekam dengan diselimuti lahar dingin yang tercampur air hujan. Jalanan pun sudah menjadi hamparan lahar dingin dan hanya menyisakan pohon-pohon kelapa. Namun sebuah keajaiban, rumah berwarna krem dan oren yang cukup besar itu masih berdiri kokoh.

Rumah yang selamat dari erupsi Gunung Semeru tersebut terdiri dari dua bangunan. Dengan selamatnya rumah tersebut, banyak warganet pula yang bersyukur masih ada keajaiban di tengah situasi seperti saat ini.

@rendra_tegar

satu²nya rumah yg selamat dikampung renteng. rumah pak roh.##prayforsemeru ##fyp ##fypシ

♬ suara asli - Rendra.

Banjir Komentar Warganet

Sontak saja, video satu-satunya rumah yang selamat dari erupsi Gunung Semeru itu menjadi viral di media sosial. Hingga kini video telah ditonton lebih dari 2,6 juta pengguna TikTok. Tak sedikit orang dibuat merinding dengan keajaiban yang diberikan oleh Tuhan. Beberapa warganet memberikan komentar jika sang pemilik rumah adalah orang yang rajin beribadah dan suka membantu sesama.

"yg punya rumah ibadahnya bagus, sering sholat& baca kuran, subhanalloh," tulis @Eka Rianti

"kalo dket sama Allah sang pencipta semuanya dlm lindungan Allah harta,nyawa, semuanya berarti pemiliknya selalu inget sama Allah," tulis @verlinda

"masa allah kuasa allah sampai merinding gini," tulis @Freddy Ovet

"ada rahasia illahi,bagi orang2 yg mau ber fikir,pasti yg punya rumah begitu dekat dengan Allah,sehingga Allah SWT sll melindunginya.." tulis @Juned Yuni.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
فتح التعليقات
Tutup Komentar