Skip to main content

Kini Telah Membaik, Begini Kondisi Tukul Arwana saat Pertama Kali Datang ke RS


Tukul Arwana tengah dirawat di RS PON Cawang, Jakarta Timur. Usai menjalani operasi, komedian berusia 57 tahun itu masih menjalani rangkaian proses pemulihan.

Kondisi Tukul Arwana saat ini sudah jauh lebih baik dibanding ketika pertama kali datang ke rumah sakit. Hal ini diungkapkan oleh Sardiana Salam, salah satu dokter yang merawatnya.

"Sebenarnya, kondisi pasien kami terima dalam kondisi hipertensi, ya. Terdeteksi di IGD itu sekitar 200-an tensinya," ungkap dr. Sardiana Salam dalam konferensi pers virtual, Senin (27/9).


Saat masuk ke IGD, kondisi Tukul Arwana disebut cukup mengkhawatirkan. Ia kala itu sudah muntah-muntah, mengantuk, dan kesadarannya menurun.

Ketika dilakukan pemeriksaan, diketahui adanya pendarahan. Hipertensi dinilai menjadi faktor penyebab terjadinya pendarahan tersebut.

"Terjadi pendarahan sebesar 40 cc, kemungkinan besar dari hipertensi. Faktor risiko itulah yang menyebabkan terjadi pendarahan ini adalah hipertensi," ucap dr. Sardiana.


Usai melewati proses operasi dan serangkaian perawatan lainnya, kondisi Tukul Arwana kian membaik. Menurut Sardiana, Tukul juga sudah bisa memberikan respons.

"Untuk saat ini, kondisi bapak Tukul sudah sangat baik, responsif. Cuma, karena fasenya masih akut, jadi kondisi kurang lebih masih minimal. Tapi, pasien sadar, pemahamannya jelas," tuturnya.

Lebih lanjut, dr. Sardiana mengatakan bahwa Tukul Arwana butuh menjalani proses pemulihan. Serangkaian terapi juga akan diberikan kepadanya.

"Sudah disampaikan bahwa tiga bulan, bisa dikatakan seperti itu, untuk proses pemulihannya. Penyembuhan butuh waktu berapa lama, berdasarkan fase akutnya, yaitu 21 hari fase akut pendarahan," pungkasnya.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
فتح التعليقات
Tutup Komentar