Skip to main content

Tak Hanya Sebagai Tanaman Hias, Anggrek Punya Khasiat Obat Herbal


Tanaman obat sederhana dan tradisional dapat ditanam secara mudah di pekarangan rumah. Tanaman tersebut dapat digunakan sebagai obat yang aman. Namun, tahukah Anda jika anggrek juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Hal ini memang jarang diketahui.

Anggrek biasanya ditanam di pekarangan atau taman sebagai tanaman hias. Ada berbagai macam warna pada anggrek yaitu anggrek putih, anggrek biru, dan anggrek merah. Bagian tamanan anggrek seperti akar, batang dan bunganya mengandung khasiat sebagai obat hebal.

Manfaat Anggrek untuk Kesehatan

1. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Anggrek ternyata mengandung vitamin A dan antioksidan. Dengan adanya kandungan ini, anggrek dapat bekerja meremajakan kulit Anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput dan noda. Lebih sederhana, Anda dapat menggunakan ekstrak anggrek menjadi face mist. Aplikasikan face mist bunga anggrek ke wajah Anda untuk mendapatkan hasilnya.

2. Perawatan Gigi dan Tulang

Apakah Anda termasuk orang yang ingin menjaga kepadatan gigi dan tulang? Setiap orang tentu ingin mempunyai mulut dan gigi dan tulang yang sehat.

Bunga anggrek dikenal kaya akan kandungan kalsium dan magnesium. Sehingga, menjadikan anggrek sangat baik untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Singkatnya, anggrek dapat membantu mencegah osteoporosis dan kerusakan gigi.

3. Perawatan mata

Daun dan bunga anggrek mengandung vitamin C dan vitamin E yang membantu menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi anggrek dapat meningkatkan penglihatan. Selain itu, juga dapat mencegah dari penyakit mata seperti katarak, degenerasi otot, dan lainnya.

4. Menyembuhkan Masalah Tiroid

Penurunan tiroksin akan berdampak pada naiknya berat badan, menstruasi yang tak teratur, pengencangan kulit, rambut rontok, sembelit, nyeri tubuh, hingga kecemasan. Begitu pula sebaliknya. Peningkatan tiroksin akan menyebabkan turunnya berat badan, detak jantung tinggi, marah, depresi, sulit tidur, dan masalah menstruasi.

Kabar baiknya, tanaman anggrek memiliki banyak sifat pengaktif dan pengatur tiroid. Sehingga, dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh sebagaimana dikutip dari Homeopathy.

5. Membantu Masalah Pencernaan

Pencernaan adalah masalah paling umum yang sering dialami. Namun, masalah pencernaan dapat menjadi lebih buruk jika tak diobati cepat. Masalah pencernaan dapat disembuhkan di rumah dengan banyak pengobatan rumahan sederhana. Salah satu obat ajaib tersebut adalah bunga anggrek. Kandungan serat dan cairan yang terdapat pada bunga anggrek membuatnya cocok untuk mengobati dan mencegah masalah pencernaan. Misalnya diare, sembelit, dan sebagainya.

6. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Anggrek kaya akan kandungan vitamin C dan serat. Sehingga, anggrek cocok untuk melawan penyakit dan meningkatkan kesehatan sel darah putih yang mendukung sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat tanaman anggrek untuk kesehatan. Dengan menanamnya di pekarangan rumah, selain menjadi tanaman hias, Anda juga bisa merasakan khasiatnya.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
فتح التعليقات
Tutup Komentar