Skip to main content

Perut Kembung usai Berolahraga, 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya


Rasa kembung dan badan yang menjadi berat merupakan sebuah dampak yang bisa muncul usai kamu berolahraga. Hal ini bisa sangat sering dialami seseorang.

Tak jarang bagi seseorang untuk mengalami kondisi perut yang mengembung dan sakit ini. Dampak ini bisa dialami oleh seseorang karena sejumlah penyebab.

Salah satu dampak negatif ini bisa dialami seseorang selain berbakai dampak lain. Walau hal ini tidak menyenangkan, namun sebaiknya tidak menjadi alasan bagimu untuk menghindari olahraga.

Sejumlah alasan bisa menjadi penyebab terjadinya kondisi perut kembung usai berolahraga. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya masalah ini.

Napas yang Berat

Rasa kembung usai olahraga tidak disebabkan oleh makanan tapi karena udara. Ketika berolahraga, napas kita menjadi lebih berat dan menghirup lebih banyak oksigen. Dalam proses ini, oksigen turun ke oesofagus dan masuk ke perut serta usus sehingga perut menjadi kembung. Hal ini rentan terjadi ketika kamu berlari.

Makan Besar


Makanan yang kamu santap sebelum berolahraga bisa berdampak besar. Berolahraga segera setelah makan bisa menyebabkan masalah di perut. Ketika berolahraga dengan perut penuh, tubuh kita menjadi bingung dan lebih terfokus pada otot dibanding pada sistem pencernaan. Hal ini bisa membuatmu merasa kenyang dan kembung.

Dehidrasi

Kembung bisa jadi merupakan tanda ketika tubuh membutuhkan air. ketika tubuh kekurangan cairan, perut kita menyimpan air sebagai kompensasi dan membuatnya menjadi membesar.

Hal ini berdampak pada peradangan serta pemulihan otot yang lambat setelah berolahraga. Oleh karena itu sangat penting untuk konsumsi banyak air sebelum dan setelah olahraga.

Terlalu Banyak Air


Kelebihan air sama berbahayanya dengan kurang air ketika berolahrga. Minum air terlalu cepat ketika berolahraga bisa berujung pada kondisi yang dikenal sebagai hyponatremia.

Kelebihan air yang terjadi pada tubuh ini bisa membuat tubuh jadi kelebihan sodium. Hal ini bisa membuat terjadinya retensi air yang membuatmu tak nyaman.

Pemula dalam Suatu Olahraga

Seseorang yang baru melakukan satu jenis olahraga tertentu cenderung mengalami masalah ini. Jenis olahraga yang berbeda membuat tubuh kita kesulitan dan melepaskan hormon stres sehingga tubuh memperhatankan air.

Tubuh juga membutuhkan waktu untuk terlibat pada rutinitas ini. Jika hal ini yang terjadi, biasanya rasa kembung ini bisa hilang setelah beberapa waktu usai tubuhmu terbiasa.

(*)
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
فتح التعليقات
Tutup Komentar